( Latifah An-Nur Foundation Of Education )
MANDIRI DAN RELIGIUS
d.a. Kp. Binuangeun, Alun-alun Timur Ds. Muara Kec. Wanasalam-Lebak
Tlp./ Hp. 081 806 987 273
Lampiran : 1 berkas
Perihal : Permohonan Rekomendasi Ijin Opreasional
Kepada
Bapak Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten
Sq. PLS
Di Tempat
Assalamu’ alaikum, wr. wb.
Puji syukur kehadirat Allah, swt. Yang senantiasa melimpahkan rahmat dan taufiknya kepada kita semua sebagai hamba-Nya, sehingga kita senantiasa dapat melakukan aktvitas keseharian dengan lancar. Amin. Selanjutnya, kami sampaikan bahwa Yayasan Pendidikan Latifah An-Nur, telah membuka pendidikan anak usia dini (kelompok bermain/ KOBER), PAUD Latifah An-Nur pada tanggal 01 Januari 2011, sekarang sudah berjalan lancar dan semakin berkembang.
Oleh karena itu, demi kelancaran program pendidikan tersebut kami mengajukan permohonan ijin penyelenggaraan pendirian PAUD.
Demikian surat permohonan ini kami ajukan, atas perhatian dan kerja sama Bapak kami ucapkan terima kasih.
Wassalamu’ alaikum, wr. wb.
Wanasalam, 28 Desember 2011
Ketua Pengelola PAUD Latifah An-Nur
Isah Susilawati, M.Pd.
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Melihat dari Visi dan Misi Pendidikan Nasional, antara lain:
1. Mengupayakan perluasan dan pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan yang bermutu bagi seluruh rakyat Indonesia.
2. Membantu dan memfasilitasi pengembangan potensi anak bangsa secara utuh sejak usia dini sampai akhir hayat dalam rangka mewujudkan masyarakat belajar yang madani.
3. Memberdayakan peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan berdasarkan prinsip-prinsip otonomi dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Oleh sebab itu, kami sebagai masyarakat merasa terpanggil untuk ikut serta menangani Pendidikan Anak Usia Dini. Tetapi, keikutsertaan kami tidak akan berarti tanpa bantuan dan dorongan dari pemerintah.
B. DASAR
Yang mendasari pendirian kelompok bermain ( Play Group ) ini adalah :
1. Berdasarkan UU No. 6 tahun 1974 tentang kesejahteraan sosisal
2. Berdasarkan UU No. 4 tahun 1974 tentang kesehatan anak
3. Berdasarkan UU No. 10 tahun 1992 tentang kependudukan dan keluarga sejahtera.
4. Berdasarkan UU No. 22 tahun 2000 tentang otoda
5. Berdasarkan UU No. 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak
6. Berdasarkan UU No. 28 tahun 2003 tentang pendidikan nasional
Yang mendasari pendirian kelompok bermain ( Play Group ) ini adalah :
1. Berdasarkan UU No. 6 tahun 1974 tentang kesejahteraan sosisal
2. Berdasarkan UU No. 4 tahun 1974 tentang kesehatan anak
3. Berdasarkan UU No. 10 tahun 1992 tentang kependudukan dan keluarga sejahtera.
4. Berdasarkan UU No. 22 tahun 2000 tentang otoda
5. Berdasarkan UU No. 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak
6. Berdasarkan UU No. 28 tahun 2003 tentang pendidikan nasional
C. TUJUAN
Adapun tujuan kami mendirikan pendidikan anak usia dini, di antaranya:
1. Membantu para orang tua yang memiliki keterbatasan waktu dalam mengasuh anak agar mendapatkan pendidikan yang intensif.
2. Membantu peran orang tua dalam upaya mengembangkan dan mengoptimalkan aspek-aspek perkembangan yang dimiliki anak sesuai dengan tingkat kemampuan dan bakat.
D. MANFAAT PROGRAM
Program ini bermanfat, di antaranya:
1. Bagi anak-anak usia dini yang membutuhkan pelayanan pendidikan secara layak.
2. Bagi orang tua yang ingin anaknya mendapatkan pendidikan yang intensif.
3. Bagi para guru dalam memahami karakter anak usia dini.
BAB II
PROFIL LEMBAGA
A. IDENTITAS LEMBAGA
1. Nama Lembaga
PAUD Latifah An-Nur
2. Alamat Lembaga
Kp. Binuangeun Alun-alun Timur Binuangeun, Desa Muara Kecamatan Wanasalam Kabupaten Lebak-Banten
3. Tanggal Berdiri
Binuangeun, 01 Januari 2011
4. Akte Notaris
(No. 28/ 12/X/ 2011)
5. Rekening Bank atas Nama Lembaga
(sedang diproses)
6. NPWP atas Nama Lembaga
(31.420.247.4-419.000)
B. SARANA/ FASILITAS
1. Status Kelembagaan
Lahan atau bangunan yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran adalah milik sendiri. (surat izin pemakaian dan surat keterangan kepemilikan terlampir)
2. Data Rincian Bangunan/ Ruang yang Dimiliki
Ø Ruang Kantor Pengurus
Ø Ruang Belajar
Ø Ruang Perpustakaan
Ø Ruang Mushola/ Tempat Ibadah
Ø Toilet/ MCK
3. Sarana/ Fasilitas Pembelajaran
Ø Meja/ kursi/ lemari Kantor
Ø Meja/ kursi Ruang Belajar
Ø Lemari/ rak buku
Ø Laptop
Ø Printer
Ø Telepon seluler
Ø Papan Tulis
Ø Alat musik
Ø Buku/ bahan belajar
4. DATA PENGELOLA DAN PENDIDIK PAUD LATIFAH AN-NUR
NO. | NAMA | JABATAN | PENDIDIKAN TERAKHIR | JENIS KELAMIN | |
P | L | ||||
1. | ISAH SUSILAWATI | KEPALA/ KETUA | S-2 | √ | |
2. | HENDRIK GIANTORO | BENDAHARA | SLTA | | √ |
3. | HERLINAWATI | SEKRETARIS | SLTA | √ | |
4. | BADRIYAH | TUTOR | S-1 | √ | |
5. | RIZKY AMALIA | TUTOR | SLTA | √ | |
6. | YATI MIRNAWATI | TUTOR | SLTA | √ | |
7. | ENONG SITI LATIFAH | TUTOR | SLTA | √ | |
8. | AYU WANDIRA | TUTOR | SLTA | √ | |
9. | RODIAH | TUTOR | SLTA | √ | |
10. | HASANUDIN | TUTOR | SLTA | | √ |
BAB III
PROGRAM LEMBAGA
Yayasan Pendidikan Latifah An-Nur, bergerak dalam mengembangkan pendidikan di lingkungan masyarakat. PAUD Latifah An-Nur merupakan suatu lembaga yang ikut memperkaya khasanah Pendidikan Nasional. Kurikulum yang digunakan adalah keterpaduan antara KBK dan penerapan Kurikulum “Pembelajaran Holisitk Berbasis Karakter”, merupakan metode pembelajaran yang menyeluruh, mengembangkan seluruh potensi yang dimiliki anak. Meliputi aspek agama, akhlak perilaku dan pembiasaan, kognitif, bahasa, seni, keterampilan dan fisik motorik dengan basis penanaman karakter dalam kehidupan sehari-hari.
A. VISI DAN MISI
VISI : “MANDIRI DAN REALIGIUS”
MISI :
- Menyiapkan generasi berprestasi, bertaqwa dan berakhlak mulia.
- Mengupayakan sarana dan prasarana belajar dan bermain yang edukatif dan menyenangkan.
- Menyiapkan generasi yang mandiri dan realigius.
- Menyiapkan siswa – siswi memasuki jenjang pendidikan selanjutnya.
B. METODE PENGAJARAN :
· Bermain sambil belajar, Belajar sambil bermain. Anak merupakan pribadi yang unik dengan potensi minat, bakat dan kecerdasannya untuk dapat dikembangkan melalui bermain dan belajar yang edukatif, menyenangkan dan terarah secara bertahap.
- Belajar dengan sistem sentra.
- Mampu menyikapi situasi dan mengambil peran aktif secara mandiri untuk menumbuhkan budaya cerdas dan tangguh serta bertanggung jawab dalam diri anak.
C. METODE PEMBELAJARAN
Metode pembelajaran Holistik Berbasis Karakter bertujuan menanamkan karakter – karakter utama, antara lain :
1. Cinta Allah dan segenap ciptaan-Nya
2. Kemandirian dan Tanggung Jawab
3. Kejujuran, Amanah dan Diplomasi
4. Hormat dan Santun
5. Dermawan, suka menolong dan kerjasama
6. Percaya diri, kreatif dan pekerja keras
7. Kepemimpinan dan Keadilan
8. Baik dan Rendah Hati
9. Toleransi, Kedamaian dan Kesatuan
10. K4 (Kebersihan, Kerapihan, Kesehatan dan Keamanan)
D. PROGRAM KEGIATAN :
1. KEGIATAN DALAM KELAS
Kurikulum berbasis KBK dengan menggabungkan kurikulum holistik berbasis karakter, muatan lokal pada kapasitas pencapaian, pembahasan dan diskusi, Test dan Evaluasi, Privat Membaca dan Qiroati
Kurikulum berbasis KBK dengan menggabungkan kurikulum holistik berbasis karakter, muatan lokal pada kapasitas pencapaian, pembahasan dan diskusi, Test dan Evaluasi, Privat Membaca dan Qiroati
2. KEGIATAN LUAR KELAS
Relasi dan Implementasi dengan kegiatan dalam kelas, pengembangan karakter, kreativitas dan Karya Wisata/ Study Tour serta Manasik Haji
3. KEGIATAN EKSTRA KURIKULER
Berenang, seni kreasi, cooking, pengenalan bahasa Inggris dasar, bahasa arab, seni music
4. PERINGATAN HARI – HARI BESAR ISLAM DAN NASIONAL
Pekan Muharram, Ramadhan Ceria, Idul Adha, Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, Hari Pendidikan Nasional, Hari Ibu
E. WAKTU PEMBELAJARAN
Pembelajaran dilaksanakan enam kali dalam seminggu, dimulai dari hari senin s.d. sabtu. Sementara untuk alokasi waktu pembelajaran selama tiga jam, masuk pukul 08.00 s.d. 10.00 wib.
BAB IV
PENUTUP
Alhamdulillah, berkat ridho Allah swt. Kami dapat mendirikan suatu lembaga pendidikan anak usia dini yang bernama PAUD LATIFAH AN-NUR, yang bertempat di kampung Binuangeun komplek Lapangan Binuangeun, Desa Muara Kecamatan Wanasalam Kabupaten Lebak. Kami menyadari bahwa lembaga ini masih kurang dari sempurna, untuk itu kami memohon arahan dan bimbingan dari Bapak Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lebak Sq. PLS dan Bapak Kepala Dinas Pendidkan Kecamatan Wanasalam Sq. PLS, serta intansi terkait lainnya. Demi perkembangan dan kemajuan lembaga kami dalam rangka menyiapkan generasi yang trampil, mandiri dan religius.
PROPOSAL
PERMOHONAN IJIN PENDIRIAN
KELOMPOK BERMAIN ( PLAY GROUP )
DIAJUKAN OLEH :
PENYELENGGARA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
KELOMPOK BERMAIN “ xxxxxxxxxxx “
DUSUN xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx
KABUPATEN xxxxxxxxxxxxxxxx
PROPOSAL
PERMOHONAN IJIN PENDIRIAN
KELOMPOK BERMAIN ( PLAY GROUP )
DIAJUKAN OLEH :
PENYELENGGARA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
KELOMPOK BERMAIN “ xxxxxxxxxxx “
DUSUN xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx
KABUPATEN xxxxxxxxxxxxxxxx
DAFTAR ISI
PERMOHONAN IJIN PENDIRIAN
KELOMPOK BERMAIN ( PLAY GROUP )
DIAJUKAN OLEH :
PENYELENGGARA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
KELOMPOK BERMAIN “ xxxxxxxxxxx “
DUSUN xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx
KABUPATEN xxxxxxxxxxxxxxxx
PROPOSAL
PERMOHONAN IJIN PENDIRIAN
KELOMPOK BERMAIN ( PLAY GROUP )
DIAJUKAN OLEH :
PENYELENGGARA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
KELOMPOK BERMAIN “ xxxxxxxxxxx “
DUSUN xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx
KABUPATEN xxxxxxxxxxxxxxxx
DAFTAR ISI
NO. | NAMA SISWA | TTL. | ORANG TUA |
1. | AL-FARIZI HAIKAL AKBAR | LEBAK, 11-07-2006 | KALIL/ UMIMAH |
2. | ADITYA CARLES RIFALDO | LEBAK, 19-04-2007 | ADE AGUS H/ SITI YUN Y |
3. | ARAHMA ROHIMA | LEBAK, 12-07-2008 | SOFIYANDI/ MAEMUNAH |
4. | AMAT SUKRI | LEBAK, 19-12-2006 | SUGIARTO/ ENTIN F |
5. | CHAERUL ALFATAH | LEBAK, 22-07-2007 | ADE SUNENDI/ LIA M |
6. | CHICA SHANDA HERDAYANI | LEBAK, 17-07-2006 | IYAN SOFYAN/ROSMANAH |
7. | DENI PERMANA | | ANDI/ MARSIH |
8. | DEWI LESTARI | LEBAK, 07-11-2009 | GANGGA/ OKTI |
9. | FAREL | LEBAK, 03-06-2007 | AMIRUDIN/ NINIH |
10. | HERNA MELANI | LEBAK, 06-02-2008 | YANI MUHAMAD/ SAINAH |
11. | M. AKMAL FAUZAN | LEBAK, 26-11-2006 | SUDARTO/ WATINI |
12. | NUR SINTA MEILANI DS | LEBAK, 28-05-2007 | MIDI/ ENOK ALISAH |
13. | RAFLY PURNAMA ADHIA | LEBAK, 21-12-2006 | WAHYU/ JARSINAH |
14. | RENDI FIRMANSYAH | LEBAK, 08-04-2006 | ALI/ ASNAH |
15. | RIYA ARYANTI | LEBAK, 19-01-2007 | ARYANTO/ ST.KOMARIAH |
16. | RICKY APRILIO PRATAMA | LEBAK, 09-04-2009 | KOMARUDIN/ NANI ROSITA |
17. | SRI MULYANI | LEBAK, 17-04-2007 | ADE ZAKARIA/ NURAENI |
18. | SUCI INDRA PERMATA | LEBAK, 04-01-2008 | DEDE JAELANI/ ACIH |
19. | TEDI PERDIANSYAH | LEBAK, 18-06-2007 | ASMAN/ KESIH |
20. | AULIA PUSPITA SARI | LEBAK, | EDO CANIAGO/ MAYASARI |
21. | MANDA MUBAROK | LEBAK, | IPIN/ ST.AMINAH |
22. | MERLI HERLIANA | BATURAJA, 08-05-2007 | HJ. HERIYADI/ HJ. UNEH |
23. | INTAN RAMADHANI | LEBAK, 19-09-2007 | ROHMAT WIJAYA/ JUMROH |
24. | YOLA HAURA S | LEBAK, 09-09-2007 | EMPI S/ YULIANA |
25. | WISNU SAMUDERA | LEBAK, | SARNACA/ WIWIN |
26. | DINDA RAMADHANI | LEBAK, 22-10-2005 | BURHANUDIN/ NENG RINA |
27. | RIFFA ALYA AZAUZIAH | LEBAK, 27-12-2007 | BABAY DARMAWAN/ NUNU NUMAH |
28. | HANIE DIAN NATASYA | LEBAK, 07-07-2008 | YOMAN SUGIONO/ IYAH |
29. | DZKIRI FATHUL IBRIZ | LEBAK, 07-11-2008 | AIP SYARIF H/ RANI O |
30. | RATU NAILA AL-MARA NUR | LEBAK, 26-08-2009 | UJANG NUR/ HERLINA K |
31. | SITI KHODIJAH | TEGAL, 25-04-2008 | ADE RIANA/ SARTIKA |
32. | CITRA AULIA | LEBAK, 08-07-2009 | UUS SUTISNA/ JARSAH |
33. | SRI AMANAH | LEBAK, | UMAM/ ENI |
34. | RISMA MUZIJAT | LEBAK, 21-08-2008 | AAT ROHMAT/ E RINI K |
35. | KAMILA ZULFA AZIZAH | LEBAK, 16-01-2007 | YUSUF/ ENONG |
36. | CEPASHA PUTRA PRATAMA | LEBAK, 01-12-2007 | ENCEP S/ EVA N |
37. | IZMA EKA NUGRAHA | LEBAK, 27-08-2006 | NUGRAHA SUHERLAN |
38. | ALYQA PUTRI S | LEBAK, 16-02-2007 | BENI HERMANSYAH/ LUSIYANA |
39. | PUTRI DARA LESTARI | LEBAK, 12-01-2008 | SUTARNO/ DEDE SUMYATI |
40. | LENI INDRIANI | LEBAK, 08-01-2007 | UJANG/ SARTI |
41. | PUTRI ANISA MULYANA | LEBAK, 02-01-2010 | AEP SYARIP/ ENENG Y |
42. | IRNA MARYANA | LEBAK, 12-07-2008 | KARYADI/ HALIMAH |
43. | REVAN RIYANSYAH | PNDG, 24-11-2007 | ASEP/ ISMI |
44. | KAYLA ZAIRA RAHMAN | LEBAK, 29-01-2009 | ANDI S/ DEDE JUBAEDAH |
45. | RONI BAHTIAR | LEBAK, 12-08-2008 | IWANA/ NISA SORAYA |
DATA SISWA PAUD LATIFAH AN-NUR
DAFTAR ISI
Daftar Isi ……………………………………………………………………………i
Surat Permohonan Ijin Operasional ………………………………………………..ii
Bab I Pendahuluan
A. Latar Belakang …………………………………………………………1
B. Dasar …………………………………………………………………...1
C. Tujuan ………………………………………………………………….1
D. Manfaat Program ………………………………………………………2
Bab II Profil Lembaga
A. Nama Lembaga ………………………………………………………....3
B. Sarana/ Fasilitas ………………………………………………………...3
C. Data Pengelola dan Tenaga Pendidik …………………………………..4
Bab III Program Lembaga
A. Visi dan Misi …………………………………………………………….5
B. Metode Pengajaran…..…………………………………………………..5
C. Metode Pembelajaran …………………………………………………...5
D. Program Kegiatan ……………………………………………………......6
Bab IV Penutup ……………………………………………………………………..7
Tidak ada komentar:
Posting Komentar